RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor 1
Sekolah :
SMP Negeri 1 Pati
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas / Semester :
VII / 1
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Tahun :
2011 / 2012
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Mampu memahami dan mendengarkan berbagai
wacana lisan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendengarkan percakapan dalam
berbagai kegiatan, misalnya percakapan dengan teman sebaya, guru, orang tua dan
yang dituakan
Indikator : 1.1.1 Mengungkapkan isi percakapan secara lisan maupun tulisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa.
1.1 2 Mengajukan
dan menjawab pertanyaan sesuai konteks pembicaraan.
A.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Setelah mendengarkan percakapan siswa
dapat mengungkapkan isi percakapan dengan sopan santun dan percaya diri baik secara
lisan maupun tulisan dalam berbagai ragam
bahasa Jawa.
2. Setelah mendengarkan percakapan siswa
dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan
sopan santun dan percaya diri sesuai konteks
pembicaraan.
B.
Materi
Ajar
Percakapan dalam berbagai
kegiatan di lingkungan sekolah dan di rumah / masyarakat.
Suplemen : Tembung Lingga
Contoh
percakapan dengan teman sebaya
Fitri : “ Mengko sore nggarap tugas kelompok ya , Nov !“
Novi : “ Mengko sore aku ora bisa. Sesuk sore wae ! “
Fitri : “ Apa ta acaramu mengko sore ? “
Novi : “ Saben Selasa lan Kemis sore latihan badminton.”
Fitri : “Badminton ta
kasenenganmu ? Kepingin dadi Susi Susanti ? “
Novi : “ Ya sapa ngerti bisa melu ngarumake jenenge negara “
Fitri : “ Iya apik kuwi, aku ya pengin kok. Latihan tenanan ya, aja
lali sinau uga perlu supaya dadi atlet sing sing pinter lan berprestasi “
Contoh
percakapan dengan guru
Bu Sarah : “ Sapa sing wis tau melu kerja bakti ?”
Murid : “ Kula ..”(
meh kabeh bocah padha ngacungake tangane lan bareng anggone
matur )
Bu Sarah : “ Coba kowe Andi,critakna yen kowe melu kerja bakti !”
Andi :
“ Kula ndherek kerja bakti ing dhusun kula piyambak, inggih punika reresik
saluran toya supados menawi jawah boten mambeg lan banjir “
Bu Sarah :
“ Bocah bocah sapa sing ngerti apa bebayane yen saluran banyu ora mili ,sapa
sing ngerti ?”
Dyah Ayu : “ Kula Bu ...”
.........................................................................lsp
Tembung Lingga yaiku tembung sing
durung owah saka asale.
Tuladha : lunga, pangan, ombe,
sapu, pacul lsp
C.
Metode
dan Pendekatan
1. Metode :
Permodelan, tanya jawab, diskusi, inkuiri
2. Pendekatan : CTL
D.
Skenario
Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
METODE
|
WAKTU
( menit )
|
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Pembelajaran
a. Guru
bertanya tentang kapan atau pada saat apa mendengarkan dan memahami percakapan
diperlukan.
b. Guru
bertanya tentang fungsi mendengarkan dan memahami percakapan secara intensif
dalam kehidupan sehari – hari.
Kegiatan
Inti
a. Siswa
membaca dalam hati contoh teks dialog kemudian 2 orang memerankannya di depan
kelas tanpa teks siswa lain menyimak.
b. Siswa
membentuk kelompok, setiap siswa dalam kelompok menceritakan isi percakapan basa
ngoko.
c. Selesai
bercerita siswa lain mengajukan pertanyaan pada temannya tadi .
d. Cara
yang sama dilakukan dengan teks dialog basa krama.
e. Siswa
menulis isi dialog yang didengar secara ringkas.
f. Dengan
bimbingan guru siswa menentukan tembung lingga dari tulisan tadi
g. Siswa
saling menukarkan pekerjaannya dengan siswa lain untuk dikoreksi
Penutup
a. Guru
bersama – sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil
belajar.
b. Guru
memberi tugas pengayaan untuk melanjutkan mengidentifikasi tembung lingga
dari teks dialog yang terdapat di buku
|
Tanya
jawab
Permodelan
Diskusi
inkuiri
refleksi
|
10
60
10
|
E.
Sumber
Belajar
a. Teks
dialog basa ngoko dan krama
b. LKS
Basa Jawa VII/ 1
c. Buku
Padha Seneng Basa Jawa SMP klas VII penerbit Yudhistira halaman 31
F.
Penilaian
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen( soal )
|
||
1.
2.
|
Mampu
mengungkapkan isi percakapan, secara lisan maupun tertulis dalam berbagai
ragam bahasa Jawa
Mengajukan
dan menjawab pertanyaan sesuai konteks pembicaraan
Suplemen
tembung lingga
|
Tes tertulis
|
uraian
Jawaban singkat
memilih
|
1.Tulisen isi pacelathon nganggo basa krama !
2.Wangsulana pitakon pitakon abasa krama !
a.Apa kersane Pak Kamituwa rawuh ?
b.Sapa kang nindakake kerja bakti ?
c. Jam pira olehe kerja bakti ?
3 Gawea pitakonan kang wangsulane :
a.
Tanggul lepen Kowang
b.
Mbekta karung
4.Tetembungan iki endi kang kalebu tembung lingga !
njupukake, lunga, dakombeni, buku, tani, omahku, tangga,sawat
|
Format
Penilaian
No
|
Aspek
|
Rentang Skor
|
Skor minimal
|
Skor Maksimum
|
1.
2.dan 3
4
|
Tulisan
Isi
Unggah – ungguh basa
Ketepatan jawaban
(5 soal )
Ketepatan jawaban
( 5 )
|
2 – 4
3 – 8
3 – 8
0 – 10
0 – 10
|
2
3
3
0
0
|
4
8
8
10
10
|
Jumlah
|
8
|
40
|
Keterangan
Nilai
= Skor perolehan / skor maksimum x 100
Mengetahui Pati,
12 Juli 2011
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
1 komentar:
bu...........nyuwun tulung nyuwun RPP n Silabus kelas 7 SMP. matwun
Posting Komentar